Rurikoji, Kuil Dengan Pagoda 5 Lantai di Yamaguchi

Rurikoji adalah sebuah kuil Buddha di Yamaguchi yang terkenal dengan pagoda 5 lantainya. Pagoda ini dibangun pada tahun 1442 oleh Moriharu Ouchi untuk mengenang saudaranya Yoshihiro Ouchi yang tewas pada pertempuran Onin.

Rurikoji
(gambar: yamaraku.cocolog-nifty.com)

Pagoda ini dibangun lebih awal daripada aula utama kuilnya, dan pagoda ini juga disebut sebagai salah satu dari 3 pagoda terbaik di Jepang bersama dengan yang berada di Kuil Horyuji di Nara dan Kuil Daigoji di Kyoto. Pagoda ini akan diterangi oleh iluminasi yang indah setiap malam mulai dari matahari terbenam hingga jam 22.00.

Museum Pagoda (gambar: japan-guide)

Bangunan lainnya di area ini adalah aula utama, gudang kuil, menara lonceng, dan museum kecil dengan gambar dan model-model dari pagoda yang bisa ditemukan di Jepang. Museum ini juga menampilkan informasi mengenai pagoda seperti perbedaan desain dan lain sebagainya.

Rurikoji
Pagoda musim semi © 2009-2019 Yamaguchi Prefecture Tourism Promotion Division
Rurikoji
Pagoda musim dingin © 2009-2019 Yamaguchi Prefecture Tourism Promotion Division

Kuil Rurikoji ini berlokasi di dalam Taman Kozan yang indah dan menawarkan pemandangan unik setiap musimnya, di taman ini juga terdapat makan dari beberapa anggota keluarga Mori, klan yang menguasai Yamaguchi pada masa Edo. Selain itu, di taman ini terdapat Rosan-do, teahouse bersejarah yang pernah digunakan oleh Terumoto Mori, penguasa Choshu (sebelum berganti nama jadi Yamaguchi) sebagai kediaman administratifnya. Banyak keputusan politik penting yang dibuat di tempat ini.

Kuil Rurikoji
Alamat: 7-1 Kozan-cho, Yamaguchi-shi, Yamaguchi-ken
Biaya: Gratis, Museum 300 yen
Jam buka museum: 09.00 – 17.00

The post Rurikoji, Kuil Dengan Pagoda 5 Lantai di Yamaguchi appeared first on Japanese Station.