[Waifu Wednesday] Bismarck

Kembali lagi dengan rubrik Waifu Wednesday. Belum lama ini, Kantai Collection merayakan ulang tahun ke-6 peluncuran gamenya. Selain itu, kita juga memasuki Golden Week yang akan berakhir hari minggu ini. Golden? KC? Untuk itu mari kita bahas kanmusu yang memiliki ciri-ciri rambut golden alias blonde yaitu Bismarck!

Bismarck, kapal yang dibuat oleh Jerman pada masa Perang Dunia II ini dinamai dari seorang Reichskanzler abad ke-19, Otto von Bismarck. Dibangun di galangan kapal di Hamburg pada 1939, Bismarck memiliki panjang sekitar 251 meter dengan berat kurang lebih 50.900 ton. Diluncurkan saat hari Valentine tahun 1939, kemudian mulai berlayar pada 24 Agustus 1940.

Di dalam game KanColle, Bismarck digambarkan sebagai kanmusu yang terlihat bermartabat dan berwatak keras. Namun sejumlah artist juga menggambarkan kanmusu ini sebagai wanita yang cukup udik dengan budaya barunya. Entah kenapa, banyak juga artist yang melabeli kanmusu ini sebagai Akatsuki versi dewasa atau Nagato versi barat. Tidak hanya itu, Bismarck sering dipanggil sebagai nama laki-laki dibanding nama perempuan. Cukup berbeda dengan kanmusu lainnya. Tapi untungnya, pengembang KanColle sudah memastikan identitasnya sebagai perempuan.

Sejumlah admiral sering memanggilnya Bisko atau Biskuit atau panggilan sayang lainnya. Bisko memiliki rambut blonde panjang yang menjuntai hingga bagian bokongnya. Biasa menggunakan topi peaked berwarna abu-abu, seragam hitam merah yang sedikit berubah setelah remodel.

Lalu bagaimana kelebihan dan kekurangan Bismarck sebagai waifu kanmusu kalian?

+ Stahlhart (Hard as Steel)

Menggunakan topi peaked ala Kriegsmarine, menyimbolkan dirinya sebagai penguasa Atlantik Utara. Desainnya sangat elegan dan mendapat predikat sebagai kapal terbesar yang pernah dibangun oleh Jerman dan kapal kedua terbesar yang dibangun oleh kekuatan Eropa. Dikaruniai ras Aryan pada masanya, dibalut dengan badan proporsional nan mematikan.

Di dalam game, Bismarck lebih dianggap sebagai pemimpin atau instruktur dibanding sebagai kanmusu yang gampang disuruh (seperti Prinz). Jika tak ada Nagato dan Musashi, Bismarck adalah kanmusu pilihan terbaik sebagai sekretaris anda. Walau posisi anda malah bisa dianggap bawahannya.

+ Pudding

Meskipun berbeda tipe, Prinz Eugen selalu menganggap Bismarck sebagai kakaknya. Referensi yang didapat dari Operasi Rheinübung, dimana hanya keduanyalah yang menjalankan operasi ini. Prinz sendiri sebenarnya lebih tua dibanding Bismarck. Namun anehnya, Prinz malah menganggap Bismarck sebagai kakak. Jika Tirpitz diluncurkan di KanColle, mungkin posisi Prinz bakal terancam.

Kanmusu yang memiliki luck cukup tinggi ini, selalu berada di samping Bismarck kemanapun ia berada. Jika anda berhasil mendapatkan Bismarck, saya yakin kalian juga akan mudah mendapatkan kanmusu yang seiyuu-nya sama dengan Hina Hikawa dari seri “BanG Dream!”.

+  Very Direct

Jika ada yang dirasa salah dari diri kalian, Bismarck tidak akan segan mengatakan hal tersebut secara blak-blakan kepada kalian. Sebagai contoh, misalnya anda terlalu buncit dan bergelambir, Bismarck tidak akan segan untuk menyuruh kalian segera rajin berolahraga dan mengurangi porsi nasi padang anda.

Mungkin kalian akan merasa sedikit tersakiti, namun kefrontalan ini menunjukan kejujuran dalam diri Bismarck sendiri. Kejujuran ini kemudian menumbuhkan sikap peduli Bismarck terhadap admiralnya. Apalagi jika anda seorang M.

+ Boom in the Hood

Dalam operasi bersama Prinz Eugen menuju Selat Denmark, Bismarck berhadapan dengan HMS Hood dan Prince of Wales. Sebenarnya ada HMS Norfolk dan Suffolk yang sempat menjadi target serangan mereka, akan tetapi keduanya menjauhkan diri dan membiarkan Hood dan Prince of Wales melawan kedua kanmusu Nazi ini.

Saat penyerangan, Hood mengira Prinz Eugen adalah Bismarck, dan Prince of Wales mengira Bismarck adalah Prinz Eugen. Setelah menyadarinya, kedua kapal saling melakukan serangan kembali. Namun naasnya, Hood menjadi makanan empuk bagi keduanya dimana kapal ini meledak di bagian buritan amunisinya dan perlahan mematahkan badan kapal sebelum tenggelam.

– Jadi, makan apa kita hari ini?

Bismarck adalah tipe kanmusu yang lebih sering menanyakan “nanti kamu masak apa?” ketimbang “kamu mau makan apa?”. Bisa dicek sendiri hourly linenya saat jam-jam sarapan, makan siang, dan makan malam. Kalian malah yang harus menyiapkan hidangan untuknya.

Lucunya, Prinz Eugen sendiri biasanya menyiapkan makan untuk Bismarck. Saya juga gatau ya apakah Bisko yang menyuruh Prinz sendiri, tapi kayaknya enggak ya. Tapi dibalik semua itu, apakah Bismarck sebenarnya punya skill memasak?

– HMS Ark Royal

Ya, kalian sudah pastinya tahu mengapa poin ini akan ada disini. Para ilustrator atau artist, menggambarkan Ark Royal sebagai seorang stalker terhadap Bismarck. Mengambil dari referensi  pesawat jenis Swordfish milik HMS Ark Royal yang mengejar Bismarck saat pengejarannya pasca pertempuran di Selat Denmark. Serangan Swordfish membuat nahkoda kehilangan kemudi dan Bismarck hanya bisa bergerak membentuk lingkaran besar.

Namun, dibalik peran stalkernya dalam fiksi, keduanya memiliki hubungan erat karena Oscar atau Oskar atau The Unsinkable Sam. Oscar adalah seekor kucing berwarna hitam putih yang menurut cerita sudah ikut berlayar bersama Bismarck sejak dari Gdynia. Pasca Bismarck tenggelam, dikabarkan Oscar dibawa oleh HMS Cossack. Namun setelah Cossack juga tenggelam, Oscar kemudian berpindah ke Ark Royal, dimana setelah itu Ark Royal juga tenggelam karena U-boat.

– Sunk

Setelah ditembaki oleh Swordfish milik Ark Royal, Bismarck akhirnya mengakhiri karirnya setelah ditorpedo oleh HMS Dorsetshire. Ia sempat bertempur bersama Prinz Eugen di Selat Denmark, namun Vice-Admiral Gunther Luetjens memerintahkan adanya pemisahan rute menuju ke Brest, Prancis.

Sejumlah artist justru menggunakan referensi tersebut dengan menggambarkan Bismarck sebagai kanmusu yang ketinggalan banyak info setelah ia karam. Sebagai contoh, Bismarck tidak tahu apa-apa soal Perang Pasifik karena sudah tenggelam duluan.

Mungkin tidak banyak yang bisa saya jabarkan disini. Mengingat saya tidak mungkin menulis sampai 1000 kata untuk mendeskripsikan kanmusu favorit para masokis ini. Oiya, saya juga meyakini ada beberapa penyebutan yang salah dalam penggunaan referensi dalam pertempuran di atas. Mohon maaf jika ada yang kurang dan sampai jumpa di rubrik ini berikutnya.

Gambar: Banner, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10