Oleh-Oleh Makanan Jepang dari 47 Prefektur Yang Wajib Dibawa Pulang!

Oleh-oleh Makanan

Membawa buah tangan ketika kembali dari perjalanan bisa dibilang sudah menjadi tradisi yang sangat kental di Indonesia, khususnya apabila yang melakukan perjalanan bertujuan ke luar negeri, oleh-oleh makanan bisa jadi salah satu pilihan yang sangat tepat untuk buah tangan saat kembali pulang ke tanah air dan bertemu keluarga bercinta.

Pilihan-pilihan dibawah adalah rekomendasi kami untuk kalian yang sedang melakukan perjalanan ke Jepang dan mungkin bingung untuk membeli apa sebagai buah tangan ketika pulang nanti, berikut adalah oleh-oleh makanan khas dari 47 prefektur di Jepang!

Prefektur Hokkaido, Royce’

Royce’ adalah sebuah perusahaan cokelat yang sangat terkenal di Hokkaido. Tingkat popularitasnya begitu tinggi sehingga produk dari perusahaan ini menjadi oleh-oleh unggulan Perfektur Hokkaido tapi juga tingkat nasional.

Prefektur Aomori, Kininaru Ringo

Aomori terkenal dengan apelnya, camilan ini menggunakan apel Fuji yang direndam didalam sirup lalu dibungkus dengan lapisan kulit pie. Tekstur apel yang renyah dipertahankan dengan teknik pembuatan kue yang dilakukan sedemikian rupa.

Prefektur Iwate, Kamome no Tamago

Tamago berarti telur namun makanan ini bukanlah sebuah telur asli yang berasal dari hewan unggas melainkan sebuah kue yang dibentuk sedemikian rupa hingga berbentuk seperti telur termasuk tekstur didalamnya. Makanan ini terdiri dari pasta kacang merah pada lapisan terdalam yang dibungkus dengan castella lalu dilapisi cokelat putih.

Prefektur Miyagi, Hagi no Tsuki

Hagi no Tsuki ini sangtlah populer sehingga hampir setiap hari 100.000 Hagi no Tsuki yang dibuat habis terjual. Kue ini dibuat dengan menggunakan adonan castella berkualitas tinggi yang ditambahkan krim custard.  Untuk memakannya terdapat 3 macam, cara yang pertama dengan menghangatkannya, medinginkannya di lemari es atau bisa juga dengan cara dibekukan seolah-olah kalian memakan es krim.

Prefektur Akita, Kinman

Kinman memiliki sejarah lebih dari 50 tahun dan merupakan suvenir yang populer di kalangan turis mancanegara. 

Prefektur Yamagata, Karakara Senbei



View this post on Instagram

からからせんべい【完】 最後に出たのはお花の飾りでした🌹 鮮やかなredcolorが目を引くからワンポイントにちょこんとどこかに飾ろうかな😘 * * からからせんべいの中のおもちゃ🤖本当にどれも個性的で可愛い😂😂 包んであるお煎餅が割れること無く綺麗な形なのも不思議で、色々な工夫がされているんだろうなと思います☺ * * 長年このお煎餅を食べるのが夢だったので出会えて本当にハッピーでした😍 #からからせんべい #からから煎餅 #山形県 #おもちゃ#宇佐美煎餅店 #鶴岡 #オモチャ#玩具#toy #🤖 #せんべい#煎餅#土産#まるやまからからせんべい#🍁#もみじ#maple#ヒトデ#starfish#鈴#ting#🍅#でんでん太鼓#和紙#🥁#太鼓#笠#竹笠#庄内名物#🌹

A post shared by めそ (@bon2279) on Jan 9, 2019 at 4:23am PST

Melebihi Kinman, Karakara Senbei ini memiliki sejarah panjang sejak 300 tahun yang lalu. Sejak saat itu, makanan ini menjadi salah satu produk yang paling terkenal. Cara pengemasannya sangat unik, didalam senbei segitiga tersebut ada mainan kecil yang terselip. Makanan ini bisa menjadi oleh-oleh yang unik untuk dibawa pulang.

Prefektur Fukushima, Kasutean



View this post on Instagram

. 会津若松 会津葵 かすてあん 会津若松の象徴 #鶴ヶ城 の近くにある和菓子屋さん。蔵造りの建物が目印。 このお店の看板商品が、かすてあん。お店秘伝の製法で作られた、餡を挟んだカステラという、カステラも餡も好きな自分のために存在している商品!!生地のカステラはやや硬め、餡は甘さ控え目で、見事に合っていておいしい。 この商品は思い付きでできたのではなく、しっかり会津の歴史を反映させたもの。会津地方、会津藩と長崎の南蛮文化は強い繋がりがあり、鶴ヶ城には長崎からもたらされた文献が多く残されていたらしい。 #かすてあん #会津葵 #会津若松 #会津藩 #会津 #福島 #aizuwakamatsu #aizuclan #aizu #fukushima #カステラ #餡 #castella #beanjam #全国5つ星手みやげ #岸朝子 先生 #和菓子 #wagashi #和菓子好き #sweet #旅行 #travel #trip #travelblog #travelblogger #travelphotography #グルメ #gourmet #travelfood

A post shared by Akihiro Yamada (@akihiro0119) on Jul 13, 2018 at 2:13am PDT

Teknik yang digunakan dalam pembuatan kue ini dipelajari dari teknik membuat kue kastela yang dibawa dari luar negeri, kemudian diaplikasikan dengan pengetahuan tradisional Aizu Wagashi. Kue ini diakui sejak 1962 secara nasional.

Prefektur Ibaraki, Yoshiwara Denchuu

Yoshiwara Denchuu terbuat dari mochi yang ditutup dengan tepung kinako (kacang panggang). Katanya, camilan ini sudah dimakan sejak Zaman Edo.

Prefektur Togichi, Kariman



View this post on Instagram

#桜のかりまん 春のたより 桜餡がかりんとうに包まれています。 深い味わいです。

A post shared by Kuishimboh (@kuishimboh) on Mar 6, 2017 at 5:00am PST

Kariman adalah singkatan dari Karintou Manjuu. Kue ini tersedia sepanjang tahun dan selalu diisi dengan kacang merah atau kadang ketika masuk musim tertentu isiannya akan berubah dan dibuat dengan motif sakura atau rasa matcha.

Prefektur Gunma, Isobe Senbei



View this post on Instagram

安中の銘菓♨︎ #磯部温泉 #いそべせんべい #ほんのり甘くて美味しい

A post shared by Yurie_akutsu/阿久津ゆりえ (@yurie__a) on May 17, 2018 at 12:13am PDT

Isobe Senbei dibuat dengan menggunakan mata air dari Isobe Onsen yang diketahui memiliki banyak mineral. Teksturnya yang renyah sangat populer dan cocok disajikan dengan secangkir teh.

Prefektur Saitama, Saika no Houseki

Kata houseki memiliki arti permata, seperti namanya makanan ini mirip dengan permata namun memiliki rasa yang lezat. Berbahan dasar buah yang dirubah menjadi jeli dan menggunakan 29 jenis buah. Kalian bisa menemukan houseki dengan bentuk yang unik seperti mawar atau daun.

Prefektur Chiba, Tai Senbei



View this post on Instagram

お土産をいただきました。 #カマタの鯛せんべい #たいせんべい

A post shared by Osamu Endo (@jyobanny) on May 20, 2018 at 6:46pm PDT

Tai Senbei berasal dari Tai no Ura yang terkenal, sebuah daerah dimana banyak ikan air laut tawar berkumpul.

Prefektur Tokyo, Tokyo Banana

Tokyo Banana yang satu ini bukanlah buah pisang asli namun sebuah kue bolu halus yang berbentuk pisang yang diisi dengan krim rasa pisang. Selain pisang, rasa lainnya juga tersedia seperti stoberi, karamel dan lainnya.

Prefektur Kanagawa, Hato Sabure



View this post on Instagram

やっぱり美味しぃ✨ 鳩サブレー♡♡ #横浜#お土産#鳩サブレー#旅行#行きたい#いざ#鎌倉へ#美味しい#冬

A post shared by Yukarin (@yukarin.a.naganuuu) on Jan 10, 2019 at 8:16pm PST

Hato memiliki arti merpati dan sesuai namanya kue ini merupakan kue mentega lucu yang terlihat seperti burung. Selama 100 tahun telah dikenal sebagai souvenir dari Tsurogaoka Hachimangu, sebuah tempat suci dimana para dewa pelindung para pejuang tinggal.

Prefektur Niigata, Koshinoyuki

Menurut sejarah, kue ini telah ada sejak tahun 1778 dimana makanan ini diciptakan untuk mengembalikan nafsu makan raja yang tengah sakit. Setiap bagian ukurannya terbuat dari bahan berkualitas tinggi.

Prefektur Toyama, Owara Tamaten

Owara Tamaten secara sekilas mirip dengan Tamagoyaki, permukaannya yang kecoklatan dan harum serta bagian dalamnya yang halus dan manis berpadu dalam satu gigitan.

Prefektur Ishikawa, Warikoori

Warikoori terbuat dari agar kering yang memiliki bentuk indah. Bentuknya berbeda-beda sesuai dengan pengrajin yang memotongnya. Makanan ini memiliki warna yang bermacam-macam dan dipercaya membuat orang bahagia.

Prefektur Fukui, Habutae Mochi

Habutae Mochi ini memiliki tekstur yang sangat lembut, ini bisa menjadi rekomendasi untuk orang-orang yang tidak terlalu suka manis. Namanya sendiri diambil dari sutera habutae, salah satu dari produk Fukui tekstil yang terkenal.

Prefektur Yamanashi, Shingen Mochi



View this post on Instagram

My favorite sweets🤫 #Shingenmochi

A post shared by moviekoala2 (@moviekoala222) on Oct 7, 2018 at 9:47pm PDT

Kata “Shingen” berasal dari daimyo pada Periode Sengoku, Takeda Shingen yang memiliki markas besar di Yamanashi. Shingen Mochi memiliki cara makan yang unik: Kalian harus menuangkan kuromitsu (sirup gula merah) di atas mochi yang tertutup rapat sebelum memakannya. 

Prefektur Nagano, Kurumi Yamabiko

Kurumi Yamabiko dibuat dengan konsep “lembut dan memiliki rasa nostalgia seperti sedang berada di rumah nenek”. Bagian luarnya adalah kue renyah, namun dibagian dalamnya penuh dengan campuran karamel dan kenari yang lembut.

Prefektur Gifu, Hida Koucha



View this post on Instagram

#飛騨高山 #紅茶 #飛騨紅茶 #tea #hidatea #drinkreport #omiyage #お土産 #drinkstagram #souvenir

A post shared by nominstagram (@drinkreport_35) on Oct 6, 2017 at 4:58pm PDT

Apakah kalian tahu kalau Jepang memiliki teh hitam yang enak? Hida Koucha mulai dijual pada tahun 2010, namun sudah dikenal sebagai suvenir yang besar. Rahasianya mereka menggunakan jenis daun teh yang disebut Benifuuki dan kemudian selama proses fermentasi teh mereka menggunakan uap dari Okuhida Onsen.

Prefektur Shizuoka, Unagi Pie

Pie Unagi ini pertama kali dijual 50 tahun yang lalu dan sejak saat itu menjadi popular dan terkenal sampai skala nasional. Adonan pie terbuat dari ekstrak belut, dan tekstur yang renyah dikombinasikan dengan rasa manis yang segar.

Prefektur Aichi, Yukari

Oleh-oleh makanan ini dibuat dengan tujuan untuk menyatukan dua orang. Makanan ini merupakan senbei udang yang dibuat menggunakan teknik tradisional sehingga kalian dapat menikmati aroma udang yang lezat.

Prefektur Mie, Itoin Senbei

Itoin Senbei adalah makanan yang dibeli oleh kaisar Meiji, Taisho, Showa dan Heisei, ketika kaisar Meiji pergi berdoa di Ise Jingu, Itoin Senbei dibuat untuk disajikan kepadanya. Dalam makanan yang sederhana ini terselipkan rasa sejarah didalamnya.

Prefektur Shiga, Red Konyaku



View this post on Instagram

あ〜〜〜、ほんまの生レバー食べたい😑 #赤こんにゃく#生レバー#近江八幡#すきやき

A post shared by yukko (@grapefruitmoon0731) on Dec 29, 2018 at 11:08pm PST

Konon katanya, Konyaku merah ini telah diciptakan oleh penguasa Periode Sengoku, Oda Nobunaga. Makanan ini dikemas dengan penuh serat, zat besi dan kalsium dan dianjurkan untuk orang yang menyukai makanan sehat.

Prefektur Kyoto, Yatsuhashi

Yatsuhashi bisa dibilang makanan Kyoto yang paling terkenal. Awalnya, makanan ini dijadikan camilan atau bekal disaat perjalanan itulah kenapa bentuknya dibuat bulat agar tidak mudah rapuh atau tercecer.

Prefektur Osaka, Grand Calbee

Perusahaan keripik kentang terkenal di Jepang Calbee membuat produk berkualitas tinggi yang disebut Grand Calbee. Produk ini hanya bisa ditemukan di toko Hankyu Umeda Osaka. Keripik kentang ini 3 kali lebih tebal daripada keripik kentang pada umumnya itulah yang membuatnya berbeda dari keripik kentang biasanya.

Prefektur Hyogo, Kawara Senbei

Kawara Senbei memiliki tekstur kenyal yang unik dan sangat dicintai sejak dulu oleh warga Kansai sejak jaman dulu.

Prefektur Nara, Mimuro Monaka

Mimuro Monaka memiliki sejarah sejak 160 tahun lalu. Ini merupakan makanan yang disajikan untuk kaisar.

Prefektur Wayakama, Honnoji Manjuu

Kue memiliki sejarah lebih dari 300 tahun. Ini merupakan salah satu jenis sake manjuu atau memiliki kandungan alkohol di dalamnya.

Prefektur Tottori, Suna no Oka



View this post on Instagram

【商品情報】 みなさま新年明けましておめでとうございます🎍🌅 本年も鳥取市ふるさと物産館をどうぞ宜しくお願い申し上げます。 ・ 1月に入り、物産館の催事コーナーは物産館のお土産人気ランキングコーナーへ変わりました🏆✨ 今回はその中からBEST3の商品を紹介します💁‍♀🥇砂の丘(和三盆) こちらは物産館オープン時より人気の商品です。 サンドおいでフェスコラボ商品のサンドバージョンも人気ですよ🌟 🥈砂コーヒー 砂丘の砂で焙煎されたコーヒーです。ほどよい酸味と苦味が特徴です。 こちらもオープン時より人気の商品です。 🥉すなチョコ 砂に見立てたチョコレート!見た目はきな粉で砂を表現しています。 ・ なんとベスト3は全て砂がらみでした! さすが日本一のすなばがある鳥取市🐪✨ 4位以下はぜひ物産館でチェックしてみてくださいね👀🌟 ・ ・ #鳥取市ふるさと物産館 #鳥取みやげ #鳥取市 #砂の丘 #砂コーヒー #すなチョコ #鳥取砂丘 #サンドおいでフェス #ポケモン #サンド #とっとり #鳥取土産 #tottori #souvenir

A post shared by 鳥取市ふるさと物産館 (@tottoribussankan) on Jan 9, 2019 at 10:00pm PST

Makanan ini adalah kue bergaya Jepang yang dibuat dengan fermentasi mentega dan tidak ditambah bahan lain, makanan ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan menjadi favorit sampai saat ini

Prefektur Shimane, Dojou Sukui Manjuu



View this post on Instagram

娘のお土産🤣 . #どじょうすくいまんじゅう #山陰銘菓#お土産#笑える#美味しい

A post shared by ぶぅ (@boo701) on Aug 11, 2018 at 5:36am PDT

Penampilan unik kue ini dirancang berdasarkan topeng yang dipakai oleh para penari di Dojou Sukui Odori Festival yang diadakan di Shimane, kue ini memiliki berbagai macam isian rasa seperti kacang merah, matcha, stroberi dan coklat

Prefektur Okayama, Kibidango



View this post on Instagram

きびだんご🍡中開けたら〜かわいい〜〜🍡(*´꒳`*) #きびだんご #岡山名物きびだんご

A post shared by ちわわ まゆ (@mayuchiwawa) on Nov 15, 2018 at 5:55am PST

Apakah kalian mengenal kisah legendaris Momotaro? Seorang anak lelaki yang membasmi raksasa dan mengumpulkan hewan-hewan untuk membantunya dengan menggunakan Kibidango, yap kue ini adalah kue yang terinspirasi berdasarkan cerita Momotaro!

Prefektur Hiroshima, Momiji Manjuu

Momiji Manjuu selalu menjadi ranking teratas untuk wisatawan asing maupun domestik. Pasta kacang merah yang lembut dipadukan didalam adonan lalu dipangang dengan bentuk daun maple yang unik. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh makanan ketika pulang.

Prefektur Yamaguchi, Dassai

Dassai merupakan salah satu merk sake kelas atas di Jepang. Minuman ini mulai terkenal ketika Perdana Menteri Abe  menyuguhkan Presiden Amerika Barrack Obama sebotol Dasai.

Prefektur Tokushima, Hanayome Kashi

Makanan ini merupakan sebuah permen yang dijaga oleh adat istiadat daerah tersebut. Di Tokushima ketika seorang wanita menikah dan memiliki rumah baru ia akan membagikan Hanayome Kashi kepada para tetangga.

Prefektur Kagawa, Agepippi



View this post on Instagram

香川みやげ。 こりゃあやめられんわ〜。 美味でごじゃります〜。 #揚げぴっぴ

A post shared by Aya Kitsunai (@ayakitsunai) on Jul 29, 2018 at 6:36am PDT

Kagawa terkenal dengan dengan Sanuki Udon, tetapi yang lebih terkenal adalah cemilan ini yang terbuat dari udon goring yang disebut Agepippi. 

Prefektur Ehime, Saka no Ue no Kumo

Camilan ini terinspirasi dari novel Saka no Ue no Kumo, yang ditulis oleh salah satu novelis Jepang, Ryoutaro Shiba. Makanan ini menggunakan buah jeruk dari Ehime yang disebut iyokan dan dicampur dengan susu untuk isiannya. Penampilannya yang imut dibuat agar membentuk menyerupai awan.

Prefektur Kouchi, Kanzashi



View this post on Instagram

お客さまから愛情♡ #高知 #お土産 #浜幸 #かんざし

A post shared by Haruko Ohira (@harukoohira) on Mar 21, 2017 at 3:45am PDT

Setiap tahunnya hampir 45 juta keping Kanzashi habis terjual. Oleh-Oleh makanan ini dibuat dengan adonan madelaine dan diisi dengan pasta kacang putih dengan perisa yuzu. Ini merupakan suatu bentuk perpaduan antara Barat dan Jepang yang sempurna di lidah.

Prefektur Fukuoka, Hiyoko Manjuu



View this post on Instagram

#JAPAN #sweets #銘菓 #ひよこ饅頭 頂きました。 つぶらな瞳が愛らしい(///∇///) #kawaii

A post shared by HIMAWARI (@39_himawari_39) on Apr 17, 2017 at 4:51pm PDT

Memiliki sejarah lebih dari 100 tahun dan disukai oleh banyak orang. Kue ini menjadi favorit karena penampilannya yang lucu serta memiliki rasa yang lezat. Makanan ini kadang terlalu imut untuk dimakan, sebuah oleh-oleh makanan yang patut untuk dibawa pulang.

Prefektur Saga, Chanchan Bou



View this post on Instagram

世には美味しいお菓子がたくさんありますな#ちゃんちゃん坊

A post shared by Yuko Okd (@ykokd1019) on Feb 26, 2018 at 3:52am PST

Permen yang satu ini adalah permen yang benar-benar terkenal di prefektur Saga, sekilas nampak seperti permen biasa, namun di dalamnya terdapat kacang kedelai yang dipanggang, aroma kacang kedelai panggang ini menimbulkan daya tarik spesial bagi permen yang menjadi oleh-oleh makanan khas dari prefektur Saga.

Prefektur Nagasaki, Otakusan

Oleh-oleh makanan dari Nagasaki ini memiliki nama yang unik yakni Otakusan, namun Otakusan disini bukanlah Otaku yang biasa kita dengar sehari-hari, Otakusan memiliki arti bunga Hydrangea. Yang membuat makanan ini unik adalah tiap porsinya dibuat langsung oleh tangan pengrajin makanan di Nagasaki.

Prefektur Kumamoto, Musha Gaeshi

Nama Musha Gaeshi berasal dari dinding batu yang dipakai untuk membuat Kastil Kumamoto yang terkenal. Bagian dalam dari makanan tersebut berupa pasta kacang merah yang dikupas lalu ditumbuk untuk mengeluarkan rasa manisnya. Sedangkan luaran pie dibuat sebanyak 100 lapis secara manual sebelum dipanggang.

Prefektur Oita, Ichiman-en no Sato

Kue ini berbentuk uang lembaran 10.000 yen. Orang yang ada di gambar tersebut adalah Yukichi Fukuzawa yang berasal dari Oita, sehingga kue ini dibuat sebagai penghargaan untuk beliau.

Prefektur Miyazaki, Karamel Mangga

Miyazaki sangat terkenal dengan buah mangganya, dan oleh-oleh makanan ini adalah perpaduan dari buah mangga Miyazaki yang lezat dengan karamel yang manis. Sangat cocok untuk memanjakan lidah kalian.

Prefektur Kagoshima, Keripik Cokelat Satsuma

Keripik coklat ini dibuat menggunakan ubi yang terkenal dari prefektur Kagoshima, dilapisi oleh coklat dengan kadar kepahitan 52% membuat rasa manis ubi terpadu dengan sempurna dengan rasa pahit coklat tersebut.

Prefektur Okinawa, Chinsukou

Chinsukou adalah kue tradisional Okinawa, meskipun Okinawa memiliki banyak jenis oleh-oleh makanan tapi yang satu ini merupakan yang paling populer.

The post Oleh-Oleh Makanan Jepang dari 47 Prefektur Yang Wajib Dibawa Pulang! appeared first on Japanese Station.