Menguak Misteri Chopper! Apa Monster Point Chopper Sudah Awakening?

Tentu kita semua mengenal Tony Tony Chopper, salah satu anggota dari Bajak Laut Topi Jerami yang berperan sebagai dokter kapal. Gaya bertarung Chopper berfokus pada kemampuannya untuk “mengacaukan” kekuatan Buah Iblis Zoan sehingga membuatnya memiliki wujud perubahan lebih banyak dari yang biasa, salah satunya wujud Monster Point Chopper. Nah, Monster Point Chopper ini sebenarnya memiliki beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh mereka yang mampu menggunakan kekuatan Awakening dari Buah Iblis.

Namun sebelum membahas lebih dalam soal Monster Point Chopper, mari lebih dulu kita bahas soal ciri-ciri Awakening Buah Iblis Zoan.

Menurut Crocodile di manga One Piece 544, pengguna Buah Iblis Zoan yang sudah mencapai tahap Awakening mampu menjadi lebih kuat, lebih tangguh, dan lebih gesit daripada pengguna Zoan yang biasanya. Tak cuma itu, pengguna Buah Iblis Zoan Awakening juga memiliki daya penyembuhan yang lebih cepat daripada manusia biasa bahkan ketika mereka sedang dalam kondisi tidak sadar.

monster point chopper

Sumber: manga One Piece 544

Sejauh ini para pengguna Buah Iblis Zoan yang dikonfirmasi telah mencapai Awakening baru para sipir penjara Impel Down. Para sipir penjara Impel Down itu tampak tidak memiliki kecerdasan layaknya manusia biasa dan seakan mereka lebih condong ke sisi hewan buas mereka daripada sisi manusianya. Mereka seolah hanya bertindak berdasarkan insting hewan buas mereka meskipun tampaknya bisa memahami perintah yang diberikan pada mereka.


CONTINUE READING BELOW


Jika melihat dari ciri-ciri ini saja, tentu kita bisa berkesimpulan kalau pengguna Buah Iblis Zoan yang telah mencapai tingkat Awakening akan kehilangan jati dirinya sebagai manusia. Tapi bagaimana kalau wujud Awakening Zoan ini sebenarnya adalah efek dari obat-obatan seperti rumble ball milik Chopper?

Ingat, wujud Monster Point Chopper tampak tidak bisa dikendalikan ketika pertama kali Chopper menggunakannya dan Chopper berubah menjadi monster yang kehilangan akal sehat. Dia bahkan tidak bisa membedakan antara lawan dan kawan, benar-benar seakan Chopper telah berubah menjadi binatang buas yang liar. Baru setelah latihan selama dua tahun itulah Chopper kini bisa mengendalikan Monster Point.

Mirip dengan para sipir penjara Impel Down, bukan? Apa ini artinya Monster Point Chopper telah mencapai tahap Awakening?


CONTINUE READING BELOW


Meski begitu, Chopper bisa bergerak bebas dalam bentuk Monster Point kemungkinan besar karena Chopper telah melatih kesadarannya untuk tetap mengendalikan wujud monster tersebut. Terbukti ketika Franky bertukar tubuh dengan Chopper, Franky tidak bisa mengendalikan wujud Monster Point dan mengamuk dengan liarnya. Artinya butuh latihan khusus bagi pengguna Buah Iblis Zoan untuk bisa mengendalikan wujud monster tersebut.

Besar kemungkinan wujud Awakening Zoan yang dimiliki oleh para sipir penjara itu juga adalah efek dari obat-obatan yang memaksa tubuh untuk membangkitkan sisi Awakening. Sayangnya, karena pengguna Buah Iblis Zoan itu tidak cukup latihan dan dipaksa untuk memasuki tahap Awakening dengan obat, maka para sipir penjara Impel Down kehilangan kecerdasan manusianya dan cenderung menuruti sisi hewan liarnya.

Lalu bagaimana jadinya kalau pengguna Buah Iblis Zoan bisa mencapai Awakening tanpa obat-obatan?


CONTINUE READING BELOW


Kalau melihat berbagai perubahan wujud yang dimiliki Chopper, pengguna Buah Iblis Zoan dengan banyak berlatih mampu menciptakan wujud yang melebihi batasan tiga perubahan dasar para pengguna Buah Iblis Zoan. Chopper sendiri bisa mengakses enam macam perubahan tanpa rumble ball. Kalau melihat fakta ini, tentu kita bisa berkesimpulan kalau semua pengguna Buah Iblis Zoan punya potensi untuk melakukan hal yang sama.

Jika pengguna Buah Iblis Zoan bisa mengakses wujud Awakening tanpa bantuan obat kemungkinan besar dia bisa dengan bebas berubah menjadi Monster Point dan kembali. Ada kemungkinan pengguna Buah Iblis Zoan tersebut juga bisa memiliki banyak perubahan wujud seperti yang Chopper lakukan, hanya saja dengan variasi yang lebih beragam.


CONTINUE READING BELOW


Bayangkan kalau benar wujud Monster Point Chopper sebenarnya adalah Awakening Zoan, artinya Chopper memiliki potensi untuk mendahului Luffy dalam hal penguasaan Buah Iblis. Meski begitu memang bukan hal yang aneh kalau anggota Bajak Laut Topi Jerami nantinya menguasai satu atau dua kemampuan kaptennya, sama seperti Sanji dan Zoro yang memiliki Haki Kenbunshoku dan Busoshoku.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian setuju kalau Chopper dengan Monster Point miliknya telah mencapai tahap Awakening? Berikan jawaban kalian di kolom komentar, ya!