Batu Laut, Teknologi One Piece yang Kembali Terangkat di Wano Arc!

Keberadaan paku batu laut menjadi salah satu pengembangan termutakhir dari teknologi batu laut di dunia One Piece. Batu laut sendiri memegang peran penting karena menjadi salah satu teknologi yang membuat manusia biasa bisa melawan pengguna buah setan. Apa saja penggunaan batu ini yang telah dikembangkan di dunia One Piece?

Batu laut sendiri adalah material yang “memiliki gelombang seperti gelombang laut”, hal ini membuatnya seolah-olah seperti air laut yang berbentuk padat. Hingga saat ini material ini dipergunakan untuk menghadapi para pemakan buah setan ataupun untuk menghalau raja laut.

Efek dari kekuatan dari material ini sendiri tergantung atas komposisinya, juga bagaimana kontak langsung material ini terhadap sasarannya. Contoh, borgol batu laut bisa mengunci kekuatan buah setan namun masih bisa bergerak tanpa menjadi lemas atau tewas. Smoker bisa memanggul jitte berbahan material ini walaupun jika pemakan buah setan terkena pukulan jitte dari Smoker akan lemas lunglai.

Penggunaan Batu laut menjadi salah satu teknologi yang dikembangkan oleh Dr. Vegapunk. Namun Negara Wano diketahui memiliki teknik istimewa untuk mengolah material ini dalam ukuran mini.

Hingga saat ni, penggunaan material ini di dunia One Piece adalah sebagai berikut.

sumber: one piece wikia

Penggunaan utama dari material ini tentunya adalah sebagai senjata. Mengingat buah setan menjadi salah satu kekuatan unik di dunia One Piece, maka perlu adanya padanan untuk melawannya. Sebagai senjata, material ini diolah sebagai alat untuk melumpuhkan pemakan buah setan maupun, juga sebagai pelindung dari serangan kekuatan buah setan maupun raja laut.

Beberapa senjata yang menggunakan material ini hingga saat ini adalah sebagai berikut:

Nanashaku Jitte

Jitte milik Smoker ini memiliki batu laut di ujungnya. Hal ini membuatnya bisa melumpuhkan kekuatan para pemakan buah setan tanpa terkena dampaknya.

Wiper Skate

Skate waver milik Wiper diberikan material ini. Tentunya tujuannya agar bisa meredam kekuatan dari Enel

Battle Smasher

(Non-canon) Battle Smasher milik Z memiliki material ini. Dengan tangan mekanik dan teknik bela diri yang mumpuni membuatnya ditakuti pemakan buah setan sekalipun.

Peluru

Secara resmi, peluru berbahan material ini belum muncul. Namun Capone Bege pernah mengancam akan menembak Caesar Clown dengan peluru ini, namun ternyata itu hanya gertakan semata karena ia tidak memilikinya.

Tombak

Tombak dari anak buah Bege memiliki material ini. Tentunya digunakan saat menangkap Caesar Clown.

Paku

Salah satu perkembangan terkini dari Wano arc. Diketahui, penduduk Wano bisa mengolah batu laut dalam ukuran kecil. Salah satunya menjadi paku yang digunakan bajak laut Beat untuk menembak Trafagar Law.

sumber: one piece wikia

Salah satu penggunaan batu laut adalah meredam kekuatan buah setan. Selain menjadi senjata, ini juga bisa diaplikasikan dalam alat atau sarana menangkap. Beberapa sarana maupun alat penangkap dengan material ini adalah sebagai  berikut.

Jaring

Jaring bisa digunakan sebagai alat menangkap beberapa pengguna kekuatan buah setan. Misalnya saat di Logue Town, Alvida dan Buggy tertangkap dengan jaring.  Di Impel Down juga pernah digunakan jaring untuk menangkap Luffy, Buggy, dan Mr. 3 walaupun sebagian besar materialnya menggunakan besi biasa.

Penjara

Penjara yang menggunakan material ini digunakan untuk memenjarakan pengguna buah setan. Biasanya ditanam dalam material ruangan, maupun terbatas di bagian jerujinya. Misalnya yang digunakan di Alabasta dan Impel Down.

Borgol

Borgol menjadi alat untuk menangkap dan membatasi gerakan dari pemakan buah setan. Namun dengan komposisi tertentu, borgol ini hanya menahan kekuatan saja tanpa membuat mereka mati lemas. Contoh penggunaannya saat di Ennies Lobby dan di Marineford.


CONTINUE READING BELOW


sumber: one piece treasure cruise

Penggunaan lain dari material batu laut antara lain adalah sebagai berikut.

Kapal Marinir

Berkat hasil penelitian Dr. Vegapunk, marinir menggunakan material ini di dasar kapal mereka. Hal ini membuat kapal marinir dijauhi oleh raja laut, dan ini membuat mereka bebas melaut di daerah yang banyak raja lautnya sekalipun seperti di Calm Belt.

Perhiasan

(Non-canon) Robin pernah menggunakan perhiasan berbahan batu laut dan membuatnya lemas pada sebuah episode filler. Namun mengingat bahwa mengolah material ini menjadi kecil membutuhkan keterampilan khusus, barangkali ini menjadi fakta yang tidak terkait.

Bangunan

Bangunan dengan material ini membuat bangunan tersebut tahan dengan kekuatan buah setan. Konon SMILE Factory di Dressrosa menggunakan material ini agar tahan dari serangan pengguna buah setan.


Bagaimana menurut kamu mengenai penggunaan teknologi batu laut di One Piece hingga saat ini? Yuk kita share, tag, dan beri komentar kamu di sini.