Apa Sebenarnya Rahasia Kekuatan Kaido yang Tak Bisa Mati!?

Kaido memiliki julukan Makhluk Terkuat di dunia One Piece. Julukan ini tentu bukan main-main, Kaido lompat dari Pulau Langit saja masih tidak bisa mati! Kira-kira apa rahasia kekuatan Kaido? Berikut duniaku.net membuat teori One Piece terkait kekuatan Kaido!

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita telusuri dulu konsep Haki dan jenis-jenisnya. Menurut Rayleigh, semua makhluk memiliki Haki. Ada dua jenis Haki yang dimiliki oleh setiap orang di dunia, yaitu Kenbunshoku Haki (Observation) dan Busoshoku Haki (Armament). Haki tipe ketiga hanya dimiliki segelintir orang, termasuk Luffy. Haki ini disebut-sebut sebagai Haki Para Raja, alias Haoshoku Haki.

Di Pulau Whole Cake kita telah melihat jenis Haki Kenbunshoku yang dipoles sedemikian rupa hingga penggunanya bisa melihat sedikit ke masa depan. Haki tingkat lanjutan ini dimiliki oleh Charlotte Katakuri, salah satu petinggi sekaligus anak dari Bajak Laut Big Mom. Haki Kenbunshoku yang sudah berada di tingkatan yang berbeda ini bisa dibilang dapat diperoleh Katakuri karena ia berhasil menguasai Haki Kenbunshoku melebihi orang-orang pada umumnya.


CONTINUE READING BELOW


Tapi apakah jenis Haki yang bisa melampaui batas normal hanya Haki Kenbunshoku?

Seharusnya tidak. Jika Haki Kenbunshoku saja bisa mencapai tingkat lanjutan, semestinya ada tingkat lanjutan bagi mereka yang menguasai Haki Busoshoku dan Haki Haoshoku. Tapi seperti apa kira-kira bentuknya? Menurut penulis, kita semua sebenarnya sudah melihat perwujudan Haki Busoshoku level lanjut dan ini menurut penulis adalah rahasia kekuatan Kaido.

Ingat bagaimana penjelasan Capone “Gang” Bege soal ketangguhan Big Mom? Big Mom dikatakan tidak bisa ditembus oleh serangan apapun dan hampir tak pernah terluka. Satu-satunya cara untuk melukai Big Mom adalah dengan melemahkan mentalnya terlebih dahulu, yaitu dengan merusak foto Ibunda Carmel yang sangat disayang oleh Big Mom. Begitu mentalnya kacau dan Big Mom menangis, jatuh berlutut pun dapat membuatnya berdarah.

rahasia kekuatan Kaido

Sumber: One Piece 867

Bagaimana kalau sebenarnya kulit Big Mom bukan tangguh dari lahir melainkan efek dari Haki Busoshoku level lanjutan? Kalau anaknya saja mampu menguasai salah satu jenis Haki sampai ke tingkat berikutnya, bukan hal aneh kalau Big Mom juga memiliki keahlian khusus dalam salah satu jenis Haki. Menurut penulis bukan tak mungkin Haki yang menjadi keahlian Big Mom ini adalah Haki Busoshoku.

Jika kondisi mental yang tenang dan tidak kacau adalah syarat untuk Haki Kenbunshoku tingkat lanjutan milik Katakuri untuk tetap aktif, bisa jadi syarat yang sama berlaku untuk Haki lain yang tingkatnya sama. Katakuri tidak bisa mengaktifkan Haki Kenbunshoku dan tidak bisa melihat masa depan ketika dia dalam kondisi tidak tenang, mirip dengan Big Mom yang menjadi bisa dilukai ketika ia menangis keras akibat foto Ibunda Carmel dirusakkan.


CONTINUE READING BELOW


Ini juga yang menurut penulis bisa jadi adalah rahasia kekuatan Kaido. Memiliki Haki Busoshoku level tinggi yang diaplikasikan ke seluruh tubuh dan aktif hampir setiap saat mungkin adalah salah satu hal yang membuat tubuhnya begitu tangguh dan susah mati.

Lalu kenapa tidak terlihat warna hitam di sekujur tubuh Kaido dan Big Mom? Dan kenapa mengaplikasikan Haki Busoshoku ke seluruh tubuh menjadi hal yang spesial padahal Vergo pernah melakukannya juga?

rahasia kekuatan Kaido

sumber: anime One Piece

Justru karena Vergo pernah melakukannya maka penulis terpikirkan hal ini. Coba kita ingat kembali adegan di Punk Hazard. Ketika pertarungan antara Trafalgar Law dengan Vergo, Vergo sempat mengaktifkan Haki Busoshoku di seluruh tubuhnya sampai berwarna hitam. Menurut penulis, pada tingkatan ini yang dilakukan oleh pengguna Haki Busoshoku hanyalah “melapisi” tubuhnya dengan Haki Busoshoku.

Melapisi tubuh dengan Haki Busoshoku, atau yang biasa disebut dengan teknik Koka, hanyalah memberikan efek Haki Busoshoku pada bagian luar tubuh. Jika setingkat Vergo saja bisa melapisi ke seluruh tubuh, bukankah wajar jika penulis berpikir Yonko mampu melakukan lebih dari ini? Kalau tingkat dasar dari Haki Busoshoku adalah teknik Koka, yaitu teknik melapisi tubuh dengan Haki Busoshoku, bagaimana kalau rahasia kekuatan Kaido adalah Haki Busoshoku yang “menyatu” dengan seluruh sel tubuhnya?


CONTINUE READING BELOW


Memberikan efek Haki Busoshoku ke seluruh bagian tubuhnya sampai menyatu ke setiap sel-sel yang ada bisa jadi penyebab warna hitam itu tidak tampak di tubuh Kaido dan Big Mom. Rahasia kekuatan Kaido dan Big Mom mungkin berasal dari sini. Haki Busoshoku mereka begitu kuat sampai menyatu ke dalam setiap sel dan membuat kulit mereka begitu tangguh, bahkan meriam pun tak akan bisa melukai mereka.

Mungkin juga ini adalah alasan Kaido kembali ke wujud manusianya ketika menerima serangan Luffy. Banyak penggemar One Piece yang bersuara ketika membaca adegan di mana Kaido dalam wujud naganya dihajar oleh Luffy. Menurut penulis, ini semata karena Haki Busoshoku tingkat lanjutan milik Kaido sedang tidak aktif. Bukan karena mabuk, tapi karena Kaido sedang berada dalam wujud Buah Iblis Zoan Naga.


CONTINUE READING BELOW


Haki Busoshoku dikenal sebagai Haki yang mampu menghilangkan efek Buah Iblis siapapun yang menyentuhnya. Dengan teknik Koka dari Busoshoku Haki, pengguna Buah Iblis Logia pun bisa disentuh. Tapi uniknya, pengguna Haki itu sendiri tampak tidak terpengaruh oleh teknik Koka. Luffy masih bisa melar seperti karet bahkan ketika ia melapisi tubuhnya dengan teknik Koka dari Haki Busoshoku. Kenapa?

Jawabannya, karena yang dilakukan Luffy hanya melapisi tubuh bagian luarnya. Ini tidak akan mempengaruhi para pengguna Buah Iblis itu sendiri karena pada dasarnya, mereka yang memancarkan Haki Busoshoku itu ke bagian luar tubuh mereka. Inilah yang menurut penulis menjadi rahasia kekuatan Kaido yang harus kembali ke wuud manusia ketika melawan Luffy.

rahasia kekuatan kaido

sumber: one piece 923

Bayangkan kalau Haki Busoshoku yang mampu menghilangkan kekuatan Buah Iblis itu menyatu ke seluruh bagian tubuh hingga ke sel-sel yang ada di dalam pengguna Buah Iblis. Kemungkinan pengguna Buah Iblis itu akan kehilangan kemampuan spesialnya dan sang pengguna Buah Iblis akan kembali seperti manusia biasa.

Untuk jenis Buah Iblis yang memang aktif di luar tubuh seperti Big Mom, kemungkinan tidak akan terpengaruh secara langsung karena aktivasi Buah Iblis terjadi di luar tubuh. Tapi untuk jenis Buah Iblis Zoan seperti milik Kaido yang mampu mengubah hampir seluruh struktur tubuhnya, kemungkinan menyatukan Haki Busoshoku ke seluruh selnya akan berdampak menghilangkan kemampuannya untuk berubah.


CONTINUE READING BELOW


Kalau membandingkan antara pertarungan Luffy melawan Big Mom dengan pertarungan Luffy melawan Kaido, penulis berasumsi kekuatan Haki Busoshoku Kaido lebih kuat daripada Big Mom. Big Mom masih harus memberikan tambahan teknik Koka di luar tubuhnya ketika Luffy menyerang menggunakan teknik Koka juga, sementara Kaido sendiri tampak menerima serangan Luffy tanpa menambahkan teknik Koka.

Artinya, hanya dengan mengaplikasikan Haki Busoshoku ke seluruh tubuhnya saja Kaido telah mampu menahan serangan berlapis teknik Koka yang dilancarkan Luffy padanya.

Bagaimana menurut kalian? Setuju atau ada pendapat lain mengenai rahasia kekuatan Kaido? Berikan jawaban kalian di kolom komentar, ya!