5 Pengkhianat yang Baik di Anime dan Manga

Pengkhianat selalu dikaitkan ke sesuatu hal yang jahat dan perbuatan keji. Kita selalu langsung saja menghakimi setiap pengkhianat, baik di anime atau di manga. Hal itu biasa terjadi bukan? Ketika ada tokoh anime yang awalnya kita sukai, lalu tiba-tiba berkhianat, langsung seketika kita membenci karakter itu. Atau ketika ada tokoh baru muncul dan ternyata dia adalah pengkhianat kejam yang rela membunuh keluarga dan teman terdekatnya, langsung lagi kita membencinya. Baru ketika cerita berlanjut kita suka dikejutkan beberapa kenyataan kenapa tokoh-tokoh itu berkhianat.

Nah kali ini, kita mau membahas, beberapa tokoh yang berkhianat dengan alasan-alasan yang sebenarnya baik atau mulia. Dan suka terabaikan oleh para penggemarnya, karena yang difokuskan hanyalah tindakan khianatnya tanpa memikirkan kenapa dia sampai bertindak seperti itu. Berikut tokoh-tokohnya.

Zeke Yaeger (Shingeki no Kyojin)

Gambar terkait

Pengkhianat satu ini ialah pejuang Marley yang berasal dari hubungan antara Grisha Yaeger dan Dina Fritz, sekaligus pemilik Beast Titan. Ini menjadikan dia sebagai kakak tiri Eren.

Pengkhianatan pertama dia adalah melaporkan ke pemerintahan Marley tentang Pasukan Pemberontakan Eldia, yang di mana ayahnya pimpin. Akibatnya semua pasukan itu, termasuk kedua orang tuanya, di bawa pulau Paradis (lebih tepatnya pantai pulau, jadi masih sangat jauh dari Dinding Paradis) untuk dijadikan Pure Titan, sebagai hukuman karena membengkang kepada Marley. Ini dilakukan Zeke, supaya Marley tidak mengetahui kalau dirinya dan sang ibu, Dina Fritz, masih memiliki darah keturuan Raja Fritz, keluarga bangsawan Eldia. Jika sampai diketahui Zeke juga akan dibunuh, sedangkan hanya keluarga Fritz sajalah yang bisa menggunakan Founding Titan. Jadi daripada mati sekarang dan suku Eldia disiksa terus mending tidak mati sekarang walau harus mengkhianati yang lainnya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpDZFMyz8jnw1btCxp7-A3RAe3hJXWiZdAq9N0kU7VqsnigYt-A-wypMbLnT358hJMqJaaSLywd3SF9tjdpnYyn_F2BjwQj3pVIkrJ74KgLUL3fb2y-g7e2jOMkVuZ60xLWcLGZNi0Wf4/s1600/45.jpg

Gambar: Pengkhianatan Zeke yang pertama

Lalu karena pengkhianatan ini pula lah kenapa Eren Kruger (agen ganda Marley dan Eldia, tapi tetap berpihak pada Eldia, dan pemilik Attack Titan) mempercayakan kekuatan Attack Titan pada Grisha Yaeger untuk membantu orang-orang dalam dinding, yang kemudian kekuatan itu diturunkan kepada Eren Yaeger. Itu hanya permulaannya saja. Bayangkan kalau dia tidak berkhianat, mungkin tokoh utamanya bukan Eren Yaeger kali ya, hehehehe.

Pengkhianatan kedua dilakukan ketika Eren berada di pulau Marley. Pasukan pulau Paradis berencana mengambil Eren sekaligus menculik Zeke. Tapi itu semua ternyata sudah direncakan oleh Zeke dan pasukan-pasukan pulau Paradis. Ini mengakibatkan kematian Sasha Braus tetapi Eren mendapatkan kekuatan Warhammer Titan, sekaligus melemahkan kekuatan militer Marley.

https://mangaku.in/manga/img/f7ce16507b69943f75e1c268-0105-038.jpg

Gambar: Pengkhianata Zeke yang kedua

Sedangkan di Arc yang sekarang, ada kemungkinan Zeke akan melakukan pengkhianatan kembali untuk bertemu dengan Eren. Demi melancarkan “rencana rahasia” Zeke. Rencana ini belum dijelaskan lebih lanjut (namanya juga rahasia, sudah pasti belum dikasih tahu donk). Tetapi salah satu syarat dari rencana ini ialah membangunkan 10 juta titan dalam dinding dengan kekuatan Eren dan Zeke.

Gowther (Nanatsu no Taizai)

Gowther Anime

Gambar: Gowther yang sekarang

Gowther yang dulu bukanlah yang sekarang. Dulu dia iblis sekarang malah manis. Dahulu dia merupakan iblis tingkat tinggi dan merupakan anggota Ten Commandement yang kemampuannya bahkan dapat mempengaruhi Raja Iblis. Dan karena commandement yang ia terima, membuat dia tidak menuruti perintah Raja Iblis, yang pada akhirnya membuat Raja Iblis geram dan memenjarakan dirinya.

Demon Gowther Color

Gambar: Gowther yang dulu

Selama dirinya dipenara, posisinya di Ten Commandement, digantikan dengan boneka yang kita kenal sekarang ini. Rambut merah jambu, tubuh langsing dan kaca mata. Awalnya penampilan boneka ini dibuat mirip dengan kekasihnya, yang bernama Glariza. Tapi boneka tersebut sengaja berjenis kelamin laki-laki supaya Gowther tidak ada ketertarikan seksual dengannya. Maka jadilah Gowther yang sekarang ini.

https://vignette.wikia.nocookie.net/nanatsu-no-taizai/images/6/67/Glariza.png/revision/latest?cb=20180919032749

Gambar: Glariza, kekasih Gowther.

Dia berkhianat pertama, karena tidak bersedia untuk menjadi Ten Commandement, dan menolak perintahnya untuk berperang. Kemungkinan motifnya tidak berbeda jauh dengan Meliodas. Peperangan yang berkepanjangan dan tidak penting ini seharusnya disudahi saja. Jika dilanjutkan akan banyak korban lagi yang berjatuhan. Salah satu contoh korbannya ialah Glariza yang kemungkinan dibunuh oleh Mael, salah satu dari Four Archangel. Maka tindakan pertama yang ia lakukan ialah memanipulasi ingatan semua orang dan menciptakan identitas palsu untuk Mael. Semua ini dilakukan untuk mengakhiri peperangan yang terjadi antara Klan Iblis dan Klan Dewi.

Himekawa Tatsuya (Beelzebub)

Tatsuya Himekawa

Gambar: Himekawa Tatsuya

Berandalan kaya raya ini. Selain memang dasarnya berandalan maka tetaplah berandalan. Sampai-sampai dia berkhianat dari Oga Tatsumi, yang di mana merupakan orang terkuat di SMA Ishiyama. Sebelumnya dia sudah dikalahkan oleh Oga dan bisa dibilang anak buahnya Oga, tapi Oga sendiri tidak tertarik dengan hubungan ketua dan anak buah seperti itu. Makanya dia masa bodoh ketika Himekawa berkhianat dan bergabung dengan Takamiya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgOiYPhjaWiIAkK7I1ZP3uNy8md8fM7dCs2jEmJsDA5tp7RjMqGSW2pErC3LpRBkk_Ldpz1yd37Heko5kyLRsHeZ_329NxsDCSi3gpdOT10TyIsSa2E87LXWD0Ylip8DPSjDdFKcsjLqeTK/s1600/019.jpg

Gambar: Pengkhianatan pertama Himekawa

Semua ini dia lakukan untuk menjalin kerja sama dengan kelompok Takamiya, dan mendapatkan alat untuk memutuskan ikatan Baby Beel dan Oga. Semua itu untuk memperkuat Oga dan Baby Beel. Jadi prinsip alat itu seperti ini, ibaratkan celengan tabungan, semakin ditabung maka semakin banyak bukan? Ketika kalian ingin menggunakan celengan itu, maka yang kalian dapat ialah uang kalian yang banyak akibat kalian tabung. Itulah mengapa, ketika alat itu dihancurkan sama Himekawa, kekuatan Baby Beel yang tertampung selama ini keluar dengan dahsyat dan mengalir ke diri Oga, agar dapat mengalahkan Takamiya selaku ayah angkatnya iblis Lucifer. Kesemua pengkhianatan ini dapat dilihat di chapter 188 hingga seterusnya, yang sekaligus merupakan arc terakhir karya ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNtHQTU39V4Y7SfSEN4h5Zyqm8UVvAqM5zSuPF8Bv5AqUm8CqiZ6-ljcRZpr99dUhj8VXoSOLATFPsqAhd35i5OnM0o7_v5-C6jyztEqv3RFD68KXRTke-NMFsz-YL3qGcS7XM8imeNYS4/s1600/16.jpg

Gambar: Pengkhianatan kedua Himekawa.

Sebastian (Gantz)

Sebastian

Gambar: Sebastian

Tokoh yang satu ini tidak terlalu banyak muncul dalam manga Gantz, tapi perannya ternyata penting loh. Dia merupakan jelmaan dari alien terkuat di alam semesta, dengan panggilan Seijin (God Alien). Kemunculan dia hanya saat salah seorang reporter mengetahui kalau bola hitam yang menarik orang-orang yang sudah mati untuk bertarung dengan alien-alien di bumi ini ternyata ada yang memproduksinya. Sang reporter terkagum-kagum bagaimana bisa seorang manusia menciptakan alat semaju dan sehebat ini. Di sinilah peran Sebastian, sebagai penerjemah atau penghubung antara sang reporter dengan pembuat bola hitam tersebut.

God Aliens

Gambar: Wujud sesungguhnya Sebastian sebagai God Alien.

Pencipta bola hitam (yang disebut Gantz oleh protagonis manga ini) merupakan orang berkebangsaan Jerman, dan Sebastian berperan sebagai penerjemah antara mereka. Setelah sang reporter mengetahui kalau data-data pembuatan alat ini berasal dari dunia asing. Sebastian menunjukkan dirinya yang asli di hadapan sang reporter dengan cara membuat nenek meninggal tiba-tiba, diikuti dengan kecelakaan lalu lintas dan pesawat jatuh dari udara. Lalu ditutup dengan mempertanyakan apakah Tuhan itu benar-benar ada kepada sang reporter.

Kemudian diakhir chapter manga ternyata memang benar kalau Sebastian merupakan jelmaan God Alien. Dan menjelaskan kalau bola hitam itu memang mereka yang menciptakan semata-mata untuk melindungi bumi dari alien-alien asing, tapi mereka sendiri tidak peduli dengan manusia. Tujuan mereka hanya melindungi bumi, tapi untuk melindunginya dibutuhkan bantuan manusia-manusianya. Namun mereka justru dengan mudahnya membunuh nenek, membuat kecelakan lalu lintas, serta menjatuhkan pesawat. Semua itu tentu untuk menyadarkan manusia untuk bisa mandiri dan tidak merusak bumi. Caranya memang agak ekstrim tapi tujuannya tetap baik kok. Dan bisa dipastikan kalau peran Sebastian ialah pengawas di bumi untuk melihat apakah pesan untuk membuat bola hitam sudah terlaksana atau belum.

Itachi Uchiha (Naruto)

Kalau yang ini siapa sih yang tidak tahu? Seorang ninja yang memilih untuk membunuh keluarganya sendiri ketimbang harus mengakibatkan perang yang lebih besar. Lebih baik membunuh keluargamu daripada desamu hancur. Serta itu merupakan bentuk jaminan keselamatan Sasuke yang disepakati oleh Itachi dan Danzou.

Hasil gambar untuk itachi betrayal

Gambar: Itachi

Walapun dicap pengkhianat pun kesetiaan dia terhadap Desa Konoha dan rasa sayangnya pada Sasuke tidaklah berkurang sedikit pun. Meski bergabung dengan Akatsuki, tubuh yang diserang penyakit, dia mempercayakan masa depan desa, bahkan dunia Shinobi pada Naruto dan Sasuke. Dia menaruk mata Shisui pada Naruto serta memaksa Orochi keluar dari tubuh Sasuke lalu membangkitkan Mangekyo Sharingan-nya Sasuke.

Hasil gambar untuk itachi betrayal

Gambar: Sasuke dan Itachi

Nah kalau menurut kalian pengkhianat yang baik dan paling mengesankan itu siapa sih? Silahkan tuliskan komentar kalian di bawah. Mari bertukar pikir dengan lepas.